468x60 Ads

Senin, 13 Agustus 2012

SAY NO TO 'BURSA'





   Banyak orang menghabiskan waktunya untuk memikirkan hal-hal yang tidak  penting. Padahal masih banyak sekali sesuatu yang semestinya ia lakukan dalam hidup ini.

   Kebiasaan buruk sangka (bursa) adalah salah satu sifat yang tidak penting dan membawa dampak negatif bagi kita.

   Bayangkan saja, ketika kita menilai seseorang itu buruk, maka sampai kapanpun pikiran kita membuat tubuh kita sulit melihat kebaikannya.
  
   Terkadang kita tidak sadar bahwa sesuatu yang kita curigai itu ternyata adalah orang yang sangat berjasa untuk membawa kita lebih sukses lagi. 
   Barang kali dia adalah klien terjujur yang pernah kita jumpai, atau pelanggan setia perusahaan kita. Banyak dari kita kurang menyadari itu.

Hadis riwayat Abu Hurairah ra.:
Bahwa Rasulullah saw. bersabda: Hindarilah oleh kamu sekalian berburuk sangka, karena buruk sangka adalah ucapan yang paling dusta. Janganlah kamu sekalian saling memata-matai yang lain, janganlah saling mencari-cari aib yang lain, janganlah kamu saling bersaing (kemegahan dunia), janganlah kamu saling mendengki dan janganlah kamu saling membenci dan janganlah kamu saling bermusuhan tetapi jadilah hamba-hamba Allah yang bersaudara. (Shahih Muslim No.4646)

· Hadis riwayat Ibnu Umar ra.:
Bahwa Rasulullah saw. bersabda: Seorang muslim itu adalah saudara muslim lainnya, dia tidak boleh menzaliminya dan menghinakannya. Barang siapa yang membantu keperluan saudaranya, maka Allah akan memenuhi keperluannya. Barang siapa yang melapangkan satu kesusahan seorang muslim, maka Allah akan melapangkan satu kesusahan di antara kesusahan-kesusahan hari kiamat nanti. Dan barang siapa yang menutupi aib seorang muslim, maka Allah akan menutupi aibnya pada hari kiamat. (Shahih Muslim No.4677)

· Hadis riwayat Abu Hurairah ra.:
Bahwa Rasulullah saw. bersabda: Bukanlah orang kuat itu dengan menang bergulat, tetapi orang yang kuat ialah orang yang dapat menguasai dirinya ketika marah. (Shahih Muslim No.4723)

    Ajaran Islam juga mengajarkan umatnya untuk tidak berburuk sangka. Sifat ini juga termasuk tercela yang harus dihindari setiap manusia.
    Berbicara tentang buruk sangka, terkadang kita agak sulit membedakan antara waspada dengan curiga. Kewaspadaan itu penting untuk kita terapkan. Kita tidak pernah tau sifat seseorang, apalagi orang itu baru kita kenal dan jumpai. Sikap ini memang cukup ampuh untuk diterapkan ketika kita ingin memahami seseorang.
   Nah, beda lagi dengan curiga. Bahkan kita harus waspada dengan sifat ini. Biasanya orang yang suka bercuriga atau buruk sangka terhadap seseorang tanpa sadar akan mempengaruhi pikirannya untuk tidak bersikap menerima orang lain dan ini cukup berbahaya untuk poses menjalin sebuah hubungan.  Bayangkan saja ketika seseorang ingin dekat dengan kita atau ingin membuat kesepakatan, otak kita berpikir bahwa seseorang itu hanya main-main saja, bahkan ingin mempermainkan anda.

   Percayalah tak ada yang akan anda dapatkan kecuali buruk sangka itu.

0 comments:

Posting Komentar